Tips Perawatan dan Jenis Makanan Burung Elang

Tips Perawatan dan Jenis Makanan Burung Elang

(Sumber:Pixabay.com)

Eagles 'Food (Makanan Burung Elang)- Selain Burung Pekicau, banyak pecinta burung juga memelihara burung predator sebagai salah satu koleksi seperti burung elang. Selain memiliki postur tubuh yang gagah, penampilan bulu elang juga eksotis dan indah sehingga pas menjadi burung hias.

Meski menarik, memelihara predator mirip Hawk bukanlah perkara mudah. Dalam hal perawatan dan makanan untuk elang, kedua aspek ini sangat berbeda dari kebanyakan burung peliharaan yang sebenarnya omnivora.

Sekarang, untuk mencari tahu apa kombinasi yang tepat dari tips perawatan pakan dan pemeliharaan burung yang menempati posisi tertinggi dalam rantai makanan ini, berikut adalah ulasan lengkapnya.

Tips Merawat Eagles(Burung elang)

Tidak seperti kebanyakan burung domestik, elang ini tidak boleh ditempatkan di kandang karena di alam mereka terbiasa terbang. Tempatkan mereka di kandang dengan tangki agar mereka hinggap. Agar tidak longgar, berikan semacam gantungan baju atau rantau yang diikat di bagian kaki. Penempatan di kandang dihindari karena takut akan merusak bulu dan mempersulit pelatihan atau proses penjinakan.

Bagi mereka yang pemula dalam memelihara elang, Anda harus memilih elang dewasa peliharaan karena akan lebih mudah dipelihara dan dijinakkan dibandingkan dengan menangkap elang dari alam. Alternatif lain adalah membeli elang saat masih kecil sehingga tidak terlalu garang dan mudah dijinakkan seiring waktu pemeliharaan.

Kombinasi Makanan Burung elang

Sebagai burung karnivora, elang biasanya berburu mangsa ketika hidup di alam liar seperti unggas dan beberapa mamalia kecil. Dari diet yang dimilikinya, Anda bisa menyediakan beberapa jenis daging untuk makanan burung elang seperti kelinci, ayam, bebek, kambing, sapi, dan berbagai jenis daging lain yang ia sukai. Pemberian makan ini biasanya diberikan setiap 2 hari setiap pagi dan sore.

Bagi Anda yang memiliki dana cukup, membeli berbagai jenis daging di atas mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi sebaliknya bagi mereka yang memiliki dana terbatas, ini tentu akan memberatkan karena cukup untuk menguras kantong, terutama jika harga daging meroket.

Untuk menyiasati ini, ada beberapa alternatif makanan burung elang yang tepat jika saku Anda pas-pasan. Pilihan alternatif pertama adalah daging sparrow atau sparrow. Burung ini cukup mudah didapat karena Anda dapat membelinya di pasar burung terdekat. Harganya cukup murah yakni sekitar seribu untuk satu ekor.

Selain burung pipit, Anda juga bisa memberikan pakan alternatif lain seperti ikan lele dan menjadi pilihan yang tepat. Untuk porsinya sendiri sesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran burung yang Anda miliki.

Makan burung elang yang besar relatif seidikit jika dibandingkan dengan ketika anak-anak. Karena itu, Anda tidak boleh meletakkan daging atau makanan di wadah, melainkan diberikan langsung menggunakan bantuan sarung tangan atau sarung tangan. Letakkan daging untuk diberikan pada sarung tangan sehingga rajawali terbiasa dan tahu bahwa sarung tangan adalah tempat makan. Terbiasa dengan ini sejak Elang masih kecil.

Fungsi menempatkan makanan burung elang di sarung tangan selain untuk menghindari tangan dari cedera akibat paruh dan cakar adalah agar kita bisa lebih mudah menjinakkannya. Ketika burung bisa terbang nanti, kita bisa memanggilnya dengan menggunakan sarung tangan yang biasa digunakan. Jangan lupa juga memandikan burung ketika sudah mulai tumbuh besar sehingga burung tidak ganas dan lebih jinak.

Demikian ulasan tentang jenis makanan elang dan tips perawatan yang wajib Anda lakukan, semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

5+ Cara Menanam Seledri Dengan Batang di dalam Pot

3 Cara dan Solusi tepat mengatasi tikus sawah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Agar Rajin Berbunga