3 Cara dan Solusi tepat mengatasi tikus sawah

(sumber:pixabay.com)

Masalah yang dari dulu hingga saat ini masi belum pernah terselesaikan bagi para petani adalah serangan tikus sawah yang kerap membuat para petani gagal panen.

Tikus sawah menjadi hal yang serius untuk keberadaan nya yang selalu membuat resah dan rugi para petani sudah seharusnya di antisipasi bahakan di basmi.

Menanggapi keluh kesah para petani dalam menghadapi hama hewan pengerat ini (tikus sawah)  saya putra petani ingin berbagpi pengalaman tentang bagaimana cara menghadapi tikus sawah,  yang bisa di jadikan solusi untuk menghalau bahkan membasmi keberadaan tikus sawah di lahan pertanian kita.

Kebiasaan tikus yang mencari makan ketika malam hari membuat kita perlu cara khusus untuk membasmi tikus-tikus yang merusak tanamat kita baik itu padi, jagu dan tanaman lain nya. Dan berikut adalah cara mengatasi tikus sawah agar tidak merusak tanamam kita agar tidak gagal panen.

3 Cara dan Solusi tepat mengatasi tikus sawah

1. Memberi racun tikus

Cara yang pertama ini kerap kali saya lakukan dan hasilnya cukup memuaskan,  karena dengan kita memberikan racun tikus maka tikus-tikus tersebut akan mati dan berkurang.

Adapun caranya:

  • Siapkan racun tikus(terserah mau merek apa) .
  • Suapkan padi,  jagung, tulang atau sesuatu yang di sukai oleh tikus.
  • Kemudian campurkan racuntikus dengan padi ataupun jagung.
  • Lalu letak kan pada lintasan yang kerap di lalui oleh tikus.


Dengan kita meletakkan makanan seperti padi atau jagung yang relah kita berikan racun,  maka tikus akan tertarik untuk memakan jagung ataupun padi yang telah kita tempatkan pada jalur yang sering di lewati tikus. Kalian tidak akan kebingungan kok lokasi mana saja yang sering de lalui tikus sawah,  karena tikus sawah akan berjalan melalui lintasan yang sudah sring mereka lewati dan pasti akan meninggalkan bekas.

2. Memasang pagar rapat

Cara kedua yaitu memeberi pagar di sekeliling tanaman yang kemungkinan akan di serang tikus. Dengan memberi pagar yang rapat seperti plastik maka tikus tidak akan bisa masuj ke dalam lahan atau area pertanian kita dan cara ini juga cukup efektif untuk manghalau tikus yang bisa membuat kita gagal panen.

3. Memelihara hewan pemangsa di sawah

Cara ketiga ini terbilang cukup unik,  karena kita harus di tuntut untuk memelihara hewan pemangsa seperti birung hantu,  elang dan juga ular.  Ketiga hewan tersebut mampu mengatasi tikus tikus yang nakal yang akan menjadi sabtapan empuk hewan pemangsa.

Namun hal ini haruslah membutuhkan tehnik khusus agar hewan bisa terlatih untuk menghadapi tikus tikus tersebut.

Nah itu tadi adalah cara dan solusi yang tepat untuk mengantisipasi tikus sawah agar tidak merusak tanaman kita. Karena jika tikus sawah tidak di basmi maka kita akan terus gagal panen di buatnya.


Comments

Popular posts from this blog

5+ Cara Menanam Seledri Dengan Batang di dalam Pot

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Agar Rajin Berbunga