Cara merawat lovebird Agar Tumbuh Dengan Baik

Cara merawat lovebird Agar Tumbuh Dengan Baik

Cara merawat lovebird-Lovebird adalah burung peliharaan yang populer. Dalam hal bentuknya mirip dengan beo atau beo. Hanya saja tubuhnya lebih kecil, sedikit lebih besar dari parkit. Jenis burung Lovebird cukup beragam, silakan lihat untuk mengenal burung lovebird.

Lovebird disukai karena bentuk, warna, perilaku, dan suaranya yang indah. Secara umum, cara merawat lovebird untuk berbagai keperluan relatif sama. Hanya ada beberapa hal spesifik, misalnya jika lovebird yang kita inginkan ingin dipertajam oleh suaranya.

Lovebird berasal dari wilayah Afrika. Meski begitu, burung ini bisa beradaptasi dengan baik di hampir semua iklim. Di Indonesia dengan iklim tropis dan udara lembab, lovebird dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Selama Anda merawat lovebird dengan benar.
Cara merawat lovebird Agar Tumbuh Dengan Baik

Standar dasar dalam merawat lovebird adalah bagaimana menjaga burung tetap sehat dan bugar. Banyak faktor yang menentukan kesehatan dan kebugaran lovebird. Mulai dari kondisi lingkungan makro seperti iklim dan cuaca, kondisi lingkungan mikro seperti kandang dan peralatan, jenis pakan yang diberikan hingga kebiasaan pemilik dalam merawat burung lovebird.

Kandang untuk lovebird

Lovebird adalah burung yang ceria dan ceria. Karena itu membutuhkan ruang yang agak besar untuk mengekspresikan gerakannya. Ada dua jenis kandang untuk lovebird, yaitu kandang berbentuk silinder dan kotak. Kandang silindris berdiameter minimal 30-40 cm dengan ketinggian 40 cm dan sangkar kotak minimal 25x35x40 cm.

Kandangnya harus terbuat dari besi atau logam. Karena lovebird memiliki kebiasaan menggigit apa yang ada di sekitarnya. Jika sangkar itu terbuat dari bambu atau kayu, dikhawatirkan akan rusak dan burung itu bisa lari.

Kandangnya diberi Tangkringan yang terbuat dari kayu bulat. Lebih baik jika permukaan tangki dibiarkan kasar, bukan hasil bubut. Usahakan tidak memiliki bagian yang tajam untuk Tangkringan. Jenis kayu yang cocok adalah kayu asam.

Jenis pakan Lovebird

Lovebird adalah pemakan biji-bijian. Pakan gandum campuran yang banyak dijual di pasaran dapat disediakan untuk burung ini. Sedangkan makanan tambahan makanan bisa dalam bentuk biji matahari, kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau dan biji-bijian lainnya yang banyak dijual di pasaran. Lovebird juga menyukai sayuran dan buah-buahan. Sayuran yang dapat disediakan termasuk bayam air tanah, sawi hijau, jagung muda dan jenis sayuran lainnya. Buah-buahan yang biasanya diberikan termasuk, apel, anggur, pisang, pepaya, dan pir.

Lovebird membutuhkan asupan mineral seperti kalsium dan zat gizi mikro lainnya. Nutrisi ini bisa didapat dari acar seperti tulang sotong. Penting bahwa acar ini selalu tersedia dalam sangkar. Biarkan burung lovebird memakannya ketika dia merasa dia membutuhkannya.

Penambahan multivitamin bisa diberikan sebagai suplemen makanan. Pemberian multivitamin dicampur dalam air minum seminggu sekali. Jika lovebird Anda akan dimasukkan dalam kontes, suplemen tambahan dapat ditambahkan sebelum dan sesudah kontes.

Baca juga: Cara merawat burung elang

Kiat tentang cara merawat lovebird umum

Cara merawat lovebird secara umum tidak jauh berbeda dengan merawat burung lain. Sebagai hewan peliharaan pada umumnya, jika diperlakukan dengan cinta dan kasih sayang burung lovebird dapat "hepi".

Jika lovebird Anda hepi dan tidak stres, ia akan berterima kasih kepada pemiliknya dengan menunjukkan keceriaan dan suara yang luar biasa. Berikut adalah tips tentang cara merawat lovebird ala Mas Bram, disarikan dari kicauan burung pintar.

  • Di pagi hari jam 7:00, burung dibawa keluar dari rumah ditayangkan selama 30 menit. Lalu burung-burung dimandikan, bisa disemprot atau menggunakan kandang, tergantung kebiasaan. Bersihkan kandang, periksa pakan, ganti air dan berikan buah atau sayuran segar.
  • Setelah dimandikan, burung-burung dikeringkan di bawah sinar matahari selama 30-60 menit. Waktu pengeringan yang tepat adalah pukul 08: 00-11: 00 di pagi hari. Selama pengeringan, burung harus dikelompokkan atau ditunjukkan oleh burung serupa lainnya.
  • Setelah dijemur, gantung di teras untuk diangin-anginkan selama 10 menit. Ganti air minum, karena air yang sudah terbakar matahari sudah tidak berkualitas lagi. Kemudian tutup sangkar dengan penutup dan bawa masuk burung.
  • Dari pukul 11.00 hingga sore hari, burung dapat didengar oleh suara tuannya.
  • Sore hari, sekitar jam 3:30 siang. bawa burung-burung ke udara sekitar satu jam. Jika Anda perlu dimandikan (frekuensi mandi harus konsisten, bisa sehari sekali atau dua kali sehari. Jangan ubah). Kontrol pemberian makan dan air minum, berikan sayuran tambahan dan buah segar.
  • Setelah melewati pukul 18.00 burung dikerodong kembali. Bisa juga dimainkan dengan suara master hingga pagi hari.
Cara merawat lovebird Anda agar bisa gacor dan Tips merawat lovebird dalam persiapan untuk balapan, tunggu pembaruan kami berikutnya!

Sumber acuan:https://alamtani.com/cara-merawat-lovebird/

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara dan Solusi tepat mengatasi tikus sawah

5+ Cara Menanam Seledri Dengan Batang di dalam Pot

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Agar Rajin Berbunga