Kamu wajib tau! begini cara budidaya tomat pada lahan yang sempit


cara budidaya tomat di lahan yang sempit
Cara budidaya tomat di lahan yang sempit - Tomat adalah komoditas hortikultura yang banyak diminati oleh masyarakat.Mengingat keterbatasan lahan pertanian atau kondisi tanah yang tidak subur, menanam tomat dapat dilakukan dengan menggunakan pot/polybag.

Budidaya tomat dalam pot atau polybag mempunyai keuntungan yaitu dapat dilakukan oleh siapa saja yang tidak mempunyai pekarangan yang luas, perkembangan tanaman mudah dikontrol, penyebaran/penularan hama dan penyakit sangat kecil dan menghemat pupuk. Hal-hal yang perlu disiapkan untuk budidaya tomat dalam pot/polybag adalah :

1. Tempat dan Media Tanam
Budidaya dalam pot/polybag dapat memanfaatkan kaleng bekas, ember plastik atau memakai pot/polybag. Media tanam yang digunakan berupa tanah, pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1.

2. Pesemaian
Biji tomat disemai terlebih dahulu di di dalam kotak pesemaian (tray), Media persemaian adalah campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Benih ditanamkan kedalam kotak pesemaian (tray), dan diletakkan di tempat yang teduh sehingga curahan hujan tidak merusak benih yang masih lemah. Penyiraman sebaiknya dilakukan dengan penyemprotan. Bibit lalu dipindahkan ke dalam polybag kecil setelah bibit mempunyai 5 helai daun. Bibit yang telah berumur ± 1 bulan tampak besar dan kuat dengan panjang tanaman ± 10 cm dapat dipindah ke dalam pot/polybag.

3. Penanaman
Media tanam perlu disiram terlebih dahulu sebelum tanaman dipindahkan. Pindahkan tanaman dari persemaian ke media tanam dengan hati-hati jangan sampai merusak akar tanaman. Pemindahan sebaiknya dilakukan pada sore hari.

4. Perawatan
Perawatan tanaman tomat dalam pot/polybag lebih mudah karena kondisi tanaman lebih terkontrol dan penularan penyakit lewat akar dapat di hindari. Perawatan rutin yang perlu dilakukan :
  • Periksa tanaman setiap hari dari hama dan penyakit. Jika ada hama, ambil dan matikan dengan cara dijepit. Bila ada tanaman yang layu segera cabut dan buang medianya agar tidak menular pada tanaman lain.
  • Bila tanaman tampak kurang subur,tambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang yang telah matang.
  • Bila tanaman sudah tumbuh besar beri turus/pasak untuk membantu tegaknya tanaman tersebut karena batang tomat tidak kokoh berkayu.
  • Siramlah tanaman secara rutin, minimal 3 kali sehari. Perhatikan kadar air dalam media tanam jangan terlalu basah juga.
  • Pemangkasan diperlukan untuk merangsang pertumbuhan buah, meningkatkan penerimaan cahaya matahari, menurunkan tingkat kelembaban disekitar tanaman, meningkatkan kualitas buah serta mengurangi resiko penularan hama dan penyakit tanaman. Pemangkasan dilakukan terhadap tunas muda, pucuk batang utama, daun dan buah. Makin banyak buah makin kecil ukuran dan masa pemasakan buah lebih lama. Pemangkasan terhadap pucuk batang utama dilakukan setelai tangkai bunga yang ke-5. Pemangkasan sebaiknya dilakukan setelah tanaman berumur 4-6 minggu sehingga buah tidak kerdil dan pematangan buah tidak terlambat.
5. Panen
  • Panen pertama buah tomat umumnya pada umur 90 hari setelah semai.
  • Penen berikutnya setelah 3-5 hari kemudian sampai buahnya habis
  • Petik buah tomat saat berwarna kuning jingga, karena akan masak sendiri diluar batang
  • Panen buah pada saat pagi atau sore

Comments

Popular posts from this blog

3 Cara dan Solusi tepat mengatasi tikus sawah

5+ Cara Menanam Seledri Dengan Batang di dalam Pot

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anggrek Agar Rajin Berbunga